Rabu, 14 Januari 2015

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Pemrograman

Jika kamu suka dengan program komputer, mobile apps, website, game atau semua yang berhubungan dengan perangkat lunak, maka kamu harus belajar pemrograman. Semua program diciptakan dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa ini mempunyai fungsi untuk mengendalikan sebuah mesin yang sedang berjalan, entah itu komputer, handphone atau semua perangkat keras lainnya.



1. Tentukan Tujuanmu
Kamu bisa memulai belajar bahasa pemrograman apapun yang menurutmu paling mudah, jadi kamu nantinya mempunyai tingkatan yang ingin dikuasai. Ini akan membantumu menentukan bahasa pemrograman apa yang ingin kamu kuasai.
  • Jika kamu ingin menjadi web developer, kamu harus menguasai semua bahasa pemrogaman yang berhubungan dengan pengembangan program komputer. Sedangkan aplikasi mobile membutuhkan tingkat pemrograman yang berbeda dengan pemrograman komputer. Semua pilihan yang kamu ambil akan menentukan tujuanmu.

2. Mulailah dari yang paling "Mudah".
Semua hal selalu ada tahapan-tahapannya, merangkak dulu sebelum berjalan, berjalan sebelum berlari begitu juga belajar bahasa pemrograman. Mulailah dari yang paling mudah, lalu melangkah ke yang lebih sulit jika merasa mampu, begitu seterusnya sampai benar-benar mahir. 
  • Dua bahasa pemrograman dasar yang terkenal adalah Phyton dan Ruby. Kedua bahasa bersifat OOP dan syntax yang mudah dipelajari..
  • "Object-oriented" berarti bahasa tersebut bersifat seperti objek atau sekumpulan data yang dibangun dengan konsep seperti sebuah objek. Konsep ini biasanya dipakai oleh beberapa bahasa pemrograman natara lain C++, Java, Objective-C, and PHP.

3. Mulalilah dengan tutorial dasar
Jika kamu masih bingung dalam menentukan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari, maka membaca beberapa tutorial dasar beberapa bahasa pemrograman mungkin akan membantumu. Jika kamu sudah menemukan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari, maka saatnya kamu untuk mencobanya.
  • Phyton- Mudah untuk dipelajari dan juga sangat familiar dengan user. Digunakan pada banyak aplikasi web dan beberapa game.
  •  Java- Digunakan pada segala jenis program, dari mulai game ke aplikasi web juga digunakan pada software ATM.
  •  HTML- Tempat bermula para programer yang ingin mempelajari aplikasi web. Mempelajari adalah ilmu wajib bagi para web developer.
  • C- Adalah pemrograman yang paling berguna dan merupakan dasar dari modern C++, C#, dan Objective-C.

4. Pelajari Inti Dari Bahasa Pemrograman
Setiap bahasa pemrograman mempunyai konsepnya masing-masing tergantung pada fungsinya. Belajar mengenai konsep dan kugunaan setiap bahasa pemrograman akan sangat berguna dan efektif dalam pembelajaran. Berikut adalah beberapa konsep inti dari beberapa bahasa pemrograman:
  • Variables - Sebuah variable berfungsi untuk menjalankan dan memanipulasi data. Variable biasanya sering didefinisikan dengan "integers", "characters" dan lain-lainnya. Ini akan mempermudah pemahaman bagaimana varibel berinteraksi dengan kode yang lain.
  • Conditional Statements - Sebuah conditional statement adalah sebuah pernyataan yang berfungsi untuk menentukan benar atau salah. Pernyataan yang sering digunakan adalah "true" atau "false".
  • Functions atau Subroutines - Nama dari fungsi ini berbeda-beda tergantung dari setipa bahasa pemrograman. Juga sering disebut "Procedure" atau "Method". Sebuah fungsi juga bisa dipanggil atau digunakan berulang-ulang, sehingga akan memudahkan para programer dalam membuat program yang rumit. 
  • Data input - Ini adalah konsep umum yang sering digunakan pada setiap bahasa pemrograman,. Bagaimana beberapa data digunakan tergantung pada tipe pada suatu program. Ini juga tergantung pada input dari user, yang hasilnya nanti juga akan dikembalikan pada user melalui output. 

5. Install Software Yang Diperlukan.
Banyak bahasa pemrograman yang membutuhkan sebuah "compiler", dimana beberapa program memang didesain seperti itu. Bahasa pemrograman yang lain, seperti Phyton menggunakan penerjemah yang bisa berjalan tanpa "compiler".
  • Beberapa bahasa pemrograman menggunakan IDE (Integrated Development Environment) yang biasanya berisi kode editor, compiler atau interpreter dan debugger. Ini memungkinkan programmer untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.
  • Ada banyak macam kode editor yang bisa didapatkan secara online. Beberapa juga ada yang menyediakan pewarnaan syntax dan tampilan yang bersahabat.

6. Fokus Pada Satu Tujuan
Di setiap bahasa pemrograman selalu diajarkan program "Helo World". Ini adala program yang sangat simpel karena hanya menampilkan teks "Hello, World" atau variasi lain. Ini merupakan sybtax dasar yang sangat mudah untuk dipelajari.

7. Carilah Tutorial di Internet 
Ada banyak ribuan contoh code dari setiap bahasa pemrograman yang bisa dicari di internet. Gunakanlah contoh dari internet tersebut untuk menguji macam-macam aspek yang ada di dalam bahasa pemrograman. Kumpulkan lalu buatlah programmu sendiri.

8. Ujilah Syntaxmu.  
Syntax adalah salah satu cara untuk memepelajari cara kerja compiler dan interpreter. Setiap bahasa pemrograman mempunyai syntaxnya masing-masing, meskipun mempunyai beberapa kesamaan dalam beberapa hal. Di dalam kehidupan syntax adalah pondasi dasar dari sebuah bangunan. Mempelajari syntax sama dengan mempelajari bahasa pemrograman itu sendiri.

9. Mulailah Belajar debugging.
Jika kamu sedang belajar bahasa pemrograman, maka kamu pasti akan menemukan error atau yang biasa debugging. Ada banyak masalah yang disebabkan oleh error yang bisa berakibat pada proses running atau compiling. Menemukan dan memperbaiki sebuah error adalah kegiatan utama dari seorang prrogrammer, jadi biasakanlah.
  • Semakin sering kamu bereksperimen dengan program kamu, maka kamu akan menemukan cara untuk menyelesaikan suatu masalah. Menemukan berbagai alternatif untuk menyelesaikn amasalah adalah salah satu syarat yang harus dimiliki oleh seorang programmer.
10. Beri Komentar Pada Semua Kodemu.
Hampir semua bahasa pemrograman mempunyai fungsi komentar yang mengijinkanmu untuk memberi pengingat mengenai kode tersebut, entah itu fungsi, error atau yang alinnya. Komentar tidak hanya berfungsi sebagai pengingat, tapi juga bisa sebagai penjelasan atau definisi dari kode tersebut. Ini akan sangat berguna untuk memahami atau mempelajari fungsi dari suatu kode pada program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar